Ciri-Ciri AIR yang Berkualitas

 Air

Air merupakan materi kehidupan, rajanya minuman bahkan termasuk salah satu pilar alam semesta ini, bahkan merupakan pilarnya yang paling mendasar. Karena langit diciptakan dari uap air, sementara bumi terdapat dari buah air. Allah telah menciptakan sesuatu yang hidup dari air. Air bersifat dingin dan lembab, bisa meredam panas, menjaga kondisi tubuh agar tetap lembab serta menggantikan sel-sel tubuh yang rusak disamping juga melembutkan makanan sehingga mampu menembus pembuluh darah.

Kualitas air yang terbaik bisa dilihat dari 10 cara:

Berwarna jernih

Tidak memiliki bau

Terasa tawar

Dan

Agak manis

Seperti air sungai Nil dan Eufrat

Beratnya ringan

Lembut

Mengalir baik

Berasal dari sumber mata air yang dalam

Terkena angin dan

Panas matahari

Mengalir deras dan cepat

Jumlahnya banyak

Tertumpah dari utara keselatan

Atau

Dari barat ketimur

Air yang memenuhi keriteria tersebut yaitu : sungai Nil, Eufrat, saihan dan Jaihan

Dalam Shahih Al-Bukhari dan Muslim dari Hadits Abu Hurairah diriwayatkan bahwa ia menceritakan Rasulullah SAW bersabda:

saihan, jaihan, Nil dan Eufrat, kesemunya sungai-sungai surga”

Air bisa dikatakan Ringan bila memenuhi beberapa hal:

  1. Mudah menjadi panas atau menjadi  dingin
  2. Dengan timbangan
  3. Dua buah kapas yang sama  beratnya  dibasahi dengan dua jenis air yang berbeda. Kemudian kedua kapas tersebut dikeringkan, baru ditimbang. Mana saja dari kedua kapas tersebut yang lebih ringan, maka air yang membasahinya lebih ringan

Meskipun pada asalnya air itu dingin dan lembab, tetapi energinya bisa berpindah dan berubah karena berbagai faktor yang menimbulkan reaksi merubah energi air tersebut.

Air tawar  yang dingin lebih berkhasiat dan lebih nikmat. Namun tidak baik apabila diminum dengan langsung ditelan, atau diminum selesai berhubungan intim, sesudah dari pingsan, sehabis bangun tidur, setelah keluar dari kamar mandi, atau sesudah makan buah-buahan. Adapun diminum sesudah makan, tidak masalah bila memang sangat diperlukan, bahkan bisa seharusnya demikian, tetapi jangan banyak-banyak. Cukup diminum ala kadarnya saja, tidak akan berbahaya sama sekali, bahkan bisa memperkuat lambung dan menambah nafsu makan serta menghilangkan haus.

Air yang tidak mempunyai rasa

Air dingin juga berkhasiat mencegah bau busuk, cocok dengan sistem metabolisme dan gigi terutama pada waktu dan tempat yang panas. Namun air dingin berbahaya pada kondisi dimana tubuh tubuh membutuhkan pembakaran dan perubahan struktur, seperti pada pilek, pada saat mengalami pembengkakkan berat atau kedinginan, sehingga air dingin bisa membuat sakit gigi. Terlalu banyak mengkonsumsinya juga bisa menyebabkan bergolaknya darah dan terjadi penurunan tekanan disamping juga sakit dada.

Air  yang terlalu panas atau terlalu dingin berbahaya pada saraf dan terhadap sebagian besar anggota tubuh. Karena air yang terlalu dingin bisa mengubah sistem metabolisme, smentara air yang terlalu panas bisa mengentalkan darah. Air yang amat panas bisa melehkan lemak ginjal

Air panas bisa merdakan akibat sengatan berbagai materi panas, bisa membantu proses metabolisme dan pembakaran, mengeluarkan berbagai ampas makanan, memberikan kelembaban sekaligus menghangatkan, namun bila diminum bisa merusak pencernaan, membuat makanan mengapung dibagian atas lambung, tidak mudah menghilangkan haus, mencairkan unsur tubuh menyebabkan banyak penyakit. Hanya saja air panas baik bagi orang tua, orang-orang yang mengidap penyakit epilepsi, penyakit pusing dingin dan penyakit mata. Yang terbaik digunakan dari arah luar.

Belum ditemukan hadits(atsar)shahih berkaitab dengan air panas karena terik matahari. Bahkan tak seorang pun dari  menyukainya.

Ragam air

Air adalah materi yang terpenting bagi semua bentuk kehidupan. Air menutupi hampir 71% permukaan bumi. Terdapat 1,4 triliun kilometer kubik ( 330 juta mil3) air tersedia di bumi, sebagian besar terdapat dilaut (air asin) dan pada lapisan – lapisan es ( dikutub dan puncak-puncak gunung), akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, muka air tawar, danau, uap air, dan lautan es. Air dalam obyek-obyek tersebut bergerak mengikuti suatu siklus air, yaitu: melalui penguapan, hujan, dan aliran air di atas permukaan tanah menuju laut.

Air dapat berwujud padatan (es), cauran (air)dan gas (uap air). Air merupakan satu-satunya zat yang secara alami terdapat dipermukaan bumi dalam ketiga wujudnya tersebut. Air adalah substansi kimia dengan rumus kimia H2O: satu molekul air tersusun atas dua atom hidrogen yang terikat secara kovalen pada satu atom oksigen.

Wujud air yang berupa cairan dalam keadaan normal adalah suatu keajaiban. Jika memperbandingkan hubungan antara hidrida-hidrida lain yang mirip dalam kolom oksigen pada tabel priodik, mengisyaratkan air seeharusnya berbentuk gas, sebagaimana hidrogen sulfida.

Air es dan embun

Diriwayatkan dengan shahih al-Bukhari dan Muslim dari Nabi SAW bahwa beliau biasa mengucapkan dalam do’a iftitah dan yang lainnya:

( …ya Allah, cucilah diriku dari dosa-dosaku dengan air salju/ es dan air embun)

Es bersifat tajam dan mengandung uap. Air es juga demikian. Air embun lebih halus dan dan lebih lezat dari pada air es, sedangkan air yang membeku maka ia tergantung pada asalnya. Es biasa mengambil energi dari gunugng dan bumi di masa salju turun sehingga kualitasnya sesuai dengan lokasinya. Hindari meminum air bercampur es setelah mandi, setelah berhubungan badan, setelah berolahraga, dan setelah menyantap makanan panas, juga bagi yang mengidap batuk, sakit dada, sakit lever, dan bagi yang memiliki pencernaan tidak beres serta dingin.

AIR SUMUR

Air sumur tidak begitu ringan. Sementara air selokan yang tersimpan diperut bumi amatlah berat karena air sumur lama mengendap dalam tanah sehingga tidak bisa terhindar dari pembusukan. Sementara air selokan tidak terkena sinar matahari. Sebaiknya kedua jenis air ini tidak diminum langsung, sebelum terkena udara dan terendapkan satu malam.

Air selokan yang terburuk adalah  yang selokannya tercemar oleh timah. Demikian juga air sumur yang sudah lama tak terpakai, terutama bila tanahnya tidak baik. Air seperti itu bisa memunculkan wabah berat.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s