Munculnya Kerajaan Islam di Nusantara

            KEMUNCULAN KERAJAAN – KERAJAAN ISLAM DI NUSANTARA
Kejayaan kerajaan Islam di Nusantara ini berkisar abad ke 13 sampai abad ke 16. Latar belakang munculnya kerajaan – kerajaan di dorong oleh maraknya lalu lintas perdagangan laut dengan perdagangan –perdagangan islam dari Arab, India, Persis, Tiongkoak.
A.     Kerajaan Islam Di Sumatra
a.      Kesultanan perlak ( abad ke 9 – abad ke 13)
Perlak adalah kerajaan islam tertua di Indonesia dan masa pemerintahannya cukup panjang. Berdiri pada tahun 840 berakhir pada tahun 1292.
Raja yang perama adalah Sultan Alaidin Saiyid Maulana Abdul Aziz Syah (225 – 249 H / 840 – 964 M). Sultan bernama asli Saiyid Abdul Aziz pada tanggal 1 Muhharam 225 H dinobatkan menjadi Sultan Kerajaan Perlak. Setelah pengangkatan ini, Bandar Perlak diubah menjadi Bandar Khalifah.
Kerajaan ini mengalami masa jaya pada masa pemerintahan Sultan Makhdum Alaidin Malik Muhammad Amin Syah II Johan Berdaulat (622-662 H/1225-1263 M) atau sultan perlak yang ke 17.
Setelah itu digantikan oleh Sultan Makhdum Alaidin Malik Abdul Aziz Syah Johan ( 662-692H/ 12631292) atau sultan ke 18 dan sekaligus menjadi sultan yang terakhir, beliau wafat pada tahun 1292.
Masa Kejayaan
  • Kerajaan Perlak mengalami kemajuan pesat terutama dalam bidang pendidikan Islam dan perluasan dakwah Islamiah.
  • Sudah adanya mata uang sendiri yaitu emas ( dinar ) dan perak serta dari tembaga atau kuningan.
Masa Kemundurannya
  • Adanya perebutan kekuasaan perlak antara raja yang berkuasa dengan kelurga Sayid Abdul Azis
  • ketidak stabilan pemerintahannya sehingga banyak pedagang yang mengalihkan kegiatannya ke tempat lain yakni ke Pasai.
 b.      Kesultanan Samudra Pasai
Dengan kemunduran yang terjadi di Perlak, tampilah seorang penguasa local yang bernama Marah silu dari samudra yang berhasil mempersatukan daerah Samudra dan pasai. Kedua daerah tersebut dijadikan satu kerajaan dengan nama samudra pasai. Marah silu yang telah menganut agama Islam kemudian kemudian menggunakan gelar Sultan Malik al-Shalih sekaligus menjadi raja yang pertama.
Samudra Pasai memiliki letak geografis yang strategis, sehingga berkembang menjadi kerajaan maritim yang mengusai pelabuhan-pelabuhan penting dipesisir pantai barat Sumatra serta berkembang sebagai Bandar transit.
Pada tahun 1297, Sultan Malik Al-Shalih meninggal pemerintahannya dilanjutkan oleh putranya yang bernama Sultan Muhammad, yang lebih dikenal Sultan Malik Al-tahir. Pemerintahannya berlangsung hingga tahun 1326 M. Penggantinya adalah Sultan Ahmad, yang juga menggunakan nama Sultan Malik al-Tahir II. Pada pemerintahan Sultan Ahmad ini pelabuhan di Samudra Pasai, berkembang menjadi Bandar Transito.
Pengganti Sultan Ahmad adalah Sultan Zain al-Abidin atau bergelar Sultan Malik al-Tahir III. Masa pemerintahan Sultan Zain al-Abidin ini tidak banyak di ketahui. Ia diperkirakan memerintah hingga tahun 1405 M.
Kerajaan Hindhu Majapahit di Jawa pernah menyerang Samudra Pasai terjadi pada tahun 1361 M. Serangan tersebut dilancarkan oleh Majapahit karena khawatir dengan kemajuan yang dimiliki oleh Samudra Pasai. Namun demikian serangan tersebut tetap tidak menghambat gerakan Dawah agama Islam.
Pada Masa Kejayaan
Samudra pasai merupakan pusat perniagaan penting dikawasan itu, dikunjungi oleh para Sadagar dari berbagai Negri, seperti Cina, india, Siam, Arab dan Persia. Komoditas utama adalah lada, samudra pasai mengeluarkan mata uang yang disebut dinar. Samudra pasai juga merupakan pusat perkembangan agama islam.
Pada Masa Kemunduran
Pada awal abad XXV kesultanan ini mulai mengalami kemunduran terjadi karena kalah saing dengan kesultanan Malaka.
Menjelang masa-masa akhir pemerintahan Kesultanan Pasai, terjadi beberapa pertikaian di Pasai yang mengakibatkan perang saudara. Sulalatus Salatin menceritakan Sultan Pasai meminta bantuan kepada Sultan Melaka untuk meredam pemberontakan tersebut. Namun Kesultanan Pasai sendiri akhirnya runtuh setelah ditaklukkan oleh Portugal tahun 1521 yang sebelumnya telah menaklukan Melaka tahun 1511, dan tahun 1524 wilayah Pasai sudah menjadi bagian dari kedaulatan Kesultanan Aceh.
c.       Kesultanan Malaka
Kerajaan ini didirikan oleh Parameswara, dia memeluk agama islam dan mengganti nama Sultan Iskandar Syah.
  1. Letak kerajaan
Secara geografis berada dijalur pelayaran dan perdagangan internasional, yaitu selat malaka ( semenanjung malaya)
Masa Kejayaan
  • Kerajaan Malaka merupakan pusat perdagangan yang maju pada abad ke  15
  • penyebaran  dakwah Islam di Asia Tenggara mengalami perkembangan pesat mulai dari Kampar, Indragiri, dan Riau.
Masa Kemunduran
Tidak mampu mempertahankan wilayah malaka dari serangan kapal portugis di pelabuhan Malaka pada tahun 1509M
d.      Kesultanan Aceh
Kesultanan Aceh berdiri menjelang keruntuhan dari Samudra Pasai yang pada tahun 1360 ditaklukan oleh Majapahit hingga kemundurannya di abad ke 14.
Didirikan oleh Sultan Ali Mughayat Syah ( 1514-1528) dinobatkan menjadi sultan pada Ahad, 1 Jumadil awal 931 H/ 8 september 1507  terletak di utara pulau Sumatra dengan Ibu kota Kutaraja ( Banda Aceh ).
Pada masa Sultan Iskandar Thani ( 1636-1641), aceh mengalami kemunduran, kemudian digantikan oleh permaisurinya ( 1641-1675)
Corak Pemerintahannya
Pemerintahan sipil dibawah kaum bangsawan ( teuku) dan Pemerintahan atas dasar agama islam  dibawah kaum ulama ( tengku/teungku)
Masa Kejayaan
Pada masa pemerintahan Iskandar muda ( 1607-1636), pada masa pemerintahannya, Aceh mencapai zaman keemasan, yaitu dapat menguasai Johor, Pahang, kedah, perak disemenanjung Melayu dan Indragiri, Pulau Bintan dan Nias. Dan membuat undang-undang tata pemerintahan yang disebut adat mahkota alam.
Masa Kemunduran
sejarah mencatat Aceh makin hari makin lemah akibat pertikaian antar golongan teuku dengan teungku, serta antara golongan syiah dan sunnal al jama’ah. Kemudian Belanda berhasil menguasai Aceh pada tahun 1904.
  1. B.      Kerjaan Islam di Jawa
    1. a.      Kesultanan Demak ( 1500-1550)
    2. Kerajaan ini memilikki wilayah yang luas dan membentang di pesisir utara jawa, bekas kerajaan Majapahit.
    3. Kerajaan Demak merupakan Kerajaan Islam pertama di Jawa yang didirikan oleh para pendakwah Islam yang bergabung dalam  Wali Songo
    4. Sebelum Demak berdiri sudah banyak keluarga istana majapahit yang masuk Islam
    5. Pendirinya ialah Raden Fatah (1478-1518 M) berdasarkan Musyawarah Wali Songo sebagai Sultan Demak yang pertama, salah seorang murid dari Walisongo yang mendirikan Demak merupakan keturunan Raja Brawijaya V (Bhre Kertabumi), yaitu raja Majapahit.  Raja Majapahit dari perkawinannya dengan Putri Campa yang beragama Islam
    6. Raden Fatah didukung oleh para wali yang sangat dihormati, karena bakat kepemimpinannya dan legitimasi yang sangat kuat sebagai salah satu keturunan Majapahit
Letak Geografis
Kesultanan Demak secara Geografis terletak di Jawa Tengah dengan pusat pemerintahannya di daerah bintoro. Salah satu peninggalan bersejarah Kesultanan Demak ialah masjid Agung Demak, Makam Panjang, Makam Sunan Kalijaga yang diperkirakan didirikan oleh Walisongo.
Patih-patih dari daerah pesisir banyak yang tidak puas dengan Kerajaan Majapahit dan mendukung Raden Patah sebagai hasil dari ketidakpuasannya tersebut. Mundur dan hancurnya Kerajaan Majapahit karena Perang Paregreg
Pusaka keratin Majapahit sebagai lambing pemegang kekuasaan diberikan kepada Raden Patah, sehingga beliau menjadi penerus sah dari Kerajaan Majapahit dan sebagai ganti Majapahit yang telah hancur, mendirikan Kesultanan Demak yang bernafaskan Islam.
Jatuhnya Malaka ke tangan Portugis sehingga para pedagang Islam mencari persinggahan lain dan perdagangan baru.
Masa Kejayaan
Demak berkembang sebagai pusat penyebaran agama Islam di Jawa dan sebagai pusat perdagangan.
Masa Kemunduran
  • Adanya hambatan dari portugis dalam mengmbangkan pemerintahannya
  • Perebutan kekuasaan terjadi antara anak dari pangeran Trenggono dengan adi pangeran Trenggono.
b.      Kesultanan Banten ( 1524-1813)
Raja yang pertama adalah Sultan Hasanudin ( 1522-1570), pengaruh banten sampai ke Lampung, artinya Banten yang menguasai jalur perdagangan di Selat Sunda.
Kerajaan Banten berkembang disebabkan beberapa Faktor
  • Menjadi pusat perdagangan
  • Jatuhnya Malaka  ketangan Portugis ( 1511) sehingga para pedagang muslim berpindah jalur pelayaran melalui selat sunda
  • Banten merupakan penghasil beras dan lada
Kemudian diganti oleh putranya yaitu Pangeran Yusuf ( 1570-1580) pada masa pemerintahannya , Banten berhasil merebut Pajajaran dan pakuan. Setelah itu diganti oleh maulana Muhammad bergelar kanjeng ratu banten, dalam menjalankan roda pemerintahannya di bantu oleh Mangkubumi. Dalam tahun 1959, dia memimpin ekspedisi  menyerang Palembang, dalam pertempuran itu maulana Muhammad gugur. Dan digantikan oleh putranya Abu ‘Imufakhir yang baru berusia lima bulan. Dalam menjalankan roda pemerintahannya di bantu oleh Jayanegara. Kemudian diganti oleh Abu ma’aliAhmad Rahmatullah. diganti oleh Sultan Agung Tirtayasa ( 1651-1692)
c.       Kesultanan pajang
d.      Kesultanan Mataram ( 1586-1755)
e.      Kesultanan Cirebon ( sekitar abad ke -16)
C. Kerajaan Islam di Maluku
D.     Kerajaan Islam di Sulawesi
E.      Kerajaan Islam di Papua
Kerajaan –kerajaan di Nusantara ini  yang berpengaruh terhadap kontribusi islam adalah kerajaan Demak karena kiprahnya oleh walisongo meskipun dibagian Sumatra ada kerajaan Samudra Pasai. Kerajaan Demak adalah sebuah kerajaan yang diangkat oleh walisongo meskipun mereka tidak nampak tapi ada hasilnya, seperti madrasah-madrasah, pondok pesantren, kajian-kajian tentang ilmu dan budaya yang sudah ada bernuansa islami serta  lain- lain.

Referensi

  • Teuku Ibrahim Alfian, Wajah Aceh Dalam Lintasan Sejara.  Banda Aceh: Pusat Dokumentasi dan Informasi Aceh. 1999.
  • Yusuf, Mundzirin; Sejarah Peradaban Islam di Indonesia; Yogyakarta: Penerbit PUSTAKA, 2006.
  • Anwar Tiar Bachtiar, Jakarta: Andalusia Islamic Education dan Management Service.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s